Rencana Perkuliahan Semester (RPS)
A. Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah : Pendidikan PKn
Kelas Rendah
Kode Mata Kuliah : UQ 65033234
Semester/Tahun Ajaran :
Genap/ 2017-2018
SKS :
3 SKS
Waktu Pertem (Hari/Jam) :
Senin / 08.00 – 10.30 Wib
Ruang :
204
Dosen :
Dewi Afriany Susanti,S.Pd.,M.Pd
Email: :
dewigtgs@gmail.com
B. Profil Lulusan :
1. Guru
pada Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar
2. Peneliti
Bidang Sekolah Dasar
3. Pengelola
lembaga Pendidikan Sekolah Dasar
C. Capaian Pembelajaran:
Aspek
Sikap
Capaian
pembelajaran terkait aspek sikap adalah menumbuh kembangkan
motivasi untuk berkembang serta memupuk sikap religius, bertanggungjawab, ulet,
mandiri, dan disiplin
2. Mampu mengkaji materi PKn di kelas 1 dan 2 SD
3. Mampu mengkaji materi PKn di kelas 3 SD
4. Mampu menjelaskan tentang metode pembelajaran PKn di kelas rendah
5. Mampu menjelaskan tentang model pembelajaran PKn di kelas rendah
6. Mampu menjelaskan tentang media dan sumber
belajar pembelajaran PKn
di kelas rendah
7. Mampu menjelaskan tentang desain pembelajaran PKn di kelas rendah
8. Mampu menyiapan
perangkat pembelajaran (RPP) PKn di kelas rendah
9. Mampu membuat
perangkat tes dan penyajian perangkat tes pembelajaran PKn di kelas rendah
10. Mampu melakukan penilaian
pembelajaran PKn
di kelas rendah
11. Mampu melakukan praktek
mengajar di kelas pembelajaran PKn di kelas rendah
Aspek Keterampilan Khusus
1.
Mampu melakukan analisis model,media,metode dan strategi mengajar PKN di SD kelas
endah
2.
Mampu melakukan Praktek Mengajar materi PKn di Kelas Rendah (Kelas 1,2, dan 3 SD)
3.
Mampu menggunakan Model Pembelajaran yang
Inovatif pada Pelajaran PKN di SD Kelas Rendah
.
Pertemuan
|
Kompetensi
dasar
|
Bahan Kajian
|
Rincian
Materi
|
Aktivitas Perkuliahan
|
WAKTU
|
Atribut
Karakter
|
TAGIHAN
|
Sumber Belajar
|
|||||||
T
|
P
|
L
|
TR
|
CBR
|
CBJR
|
MR
|
RI
|
PR
j
|
|||||||
Pert - 1
|
1.
Mampu
Menjelaskan Paradigma Baru/ Profil PKN di SD
|
1.
Kontrak Kuliah Dan Penjelasan
Tugas
2.
Penjelasan
Tentang Paradigma Baru/
Profil PKN di SD
|
RPS, SAP dan Tagihan
Simulasi Paradigma Baru/ Profil PKN di SD
|
·
Pra Kondisi : Mahasiswa telah lulus
mata kuliah Pend PKn kelas Rendah
·
·
Pendahuluan;
1.
Memberikan motivasi
pentingnya belajar yang efektif dan pentingnya belajar Tentang Mampu Menjelaskan Paradigma
Baru/ Profil PKN di SD
2. Memfasilitasi
pembentukan portofolio Tentang lembaga dan susunan Pemerintahan Desa
mahasiswa.
·
Kegiatan Inti
1.
Kuliah
ceramah Tentang lembaga dan susunan Pemerintahan Desa dengan powerpoint dan buku teks dimana
dosen memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat catatan
yang dibutuhkan.
2.
Diskusi
untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini
dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.
Membuat
kesimpulan dan rangkuman materi.
·
Penutup : Dosen
memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat
mempersiapkan dengan baik.
|
50
|
50
|
50
|
·
Motivasi
·
Religius
·
Tanggung jawab
·
Kejujuran
·
Ulet
·
Mandiri
·
Disiplin
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Pert - 2
|
1. Mampu Mengkaji Materi PKn
Di Kelas 1 Dan 2 SD
|
1.Penjelasan Tentang Mengkaji
Materi PKn Di Kelas 1 Dan 2 SD
|
Mengkaji
Materi PKn Di Kelas 1 Dan 2 SD
|
· Pra
Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari bahan terkait Tentang Mengkaji Materi PKn
Di Kelas 1 Dan 2 SD yang menjadi bahan pertemuan kedua.
·
Pendahuluan;
1. Memberikan
motivasi pentingnya belajar secara mandiri dan disiplin.
2. Membahas
perkembangan portofolio.
·
Kegiatan Inti
1.
Kuliah
ceramah Tentang Struktur Pemerintahan Kecamatan dengan powerpoint dan buku teks dimana
dosen memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat catatan
yang dibutuhkan.
2.
Diskusi
untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini
dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.
Membuat
kesimpulan dan rangkuman materi.
Penutup : Dosen
memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat
mempersiapkan dengan baik materi tentang Mengkaji Materi PKn Di Kelas 3 SD
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Pert 3
|
1. Mampu Mengkaji
Materi PKn Di Kelas 3 SD
|
1. Penjelasan Mampu Mengkaji
Materi PKn Di Kelas 3 SD
|
Mengkaji
Materi PKn Di Kelas 3 SD
|
Pra
Kondisi :
· Mahasiswa
Telah Mempelajari Bahan Terkait Mampu Mengkaji
Materi PKn Di Kelas 3 SD Yang Menjadi Bahan Pertemuan Ketiga.
·
Pendahuluan;
1. Memberikan
Motivasi Pentingnya Belajar Secara Bertanggung Jawab
Dan Ulet
2. Membahas
Perkembangan Portofolio.
·
Kegiatan Inti
1. Kuliah Ceramah Tentang Mampu Mengkaji
Materi PKn Di Kelas 3 SD Dengan
Powerpoint Dan Buku Teks Dimana Dosen Memberikan Materi Sementara Mahasiswa
Mendengarkan Dan Membuat Catatan Yang Dibutuhkan.
2.
Diskusi
Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Memberikan Umpan Balik. Pada Tahapan Ini
Dosen Menjadi Fasilitator Sementara Mahasiswa Aktif Berdiskusi.
3.
Membuat
Kesimpulan Dan Rangkuman Materi.
Penutup : Dosen
Memberikan Overview Materi Untuk Minggu Yang Akan Datang Materi Tentang Metode
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
Pert 4
|
1. Mampu menjelaskan Metode
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
1. Menjelaskan Metode
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
Metode
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
1. Pra
Kondisi : Mahasiswa Telah Mempelajari Bahan Terkai Tentang Metode
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah Yang Menjadi Bahan Pertemuan Kelima,
·
Pendahuluan;
1. Memberikan
Motivasi Pentingnya Belajar Religius Dan Kejujuran.
2. Membahas
Perkembangan Portofolio.
·
Kegiatan Inti
1. Kuliah Ceramah Tentang Tentang
Metode Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah Dengan Powerpoint Dan Buku Teks Dimana Dosen Memberikan
Materi Sementara Mahasiswa Mendengarkan Dan Membuat Catatan Yang Dibutuhkan.
2.
Diskusi
Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Memberikan Umpan Balik. Pada Tahapan Ini
Dosen Menjadi Fasilitator Sementara Mahasiswa Aktif Berdiskusi.
3.
Membuat
Kesimpulan Dan Rangkuman Materi.
Penutup :
Dosen
Memberikan Overview Materi Untuk Minggu Yang Akan Datang Terkait Materi Tentang Model Pembelajaran
PKn Di Kelas Rendah
|
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
Pert - 5
|
1. Mampu menjelaskan Model Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
1.
Menjelaskan Model Pembelajaran PKn Di Kelas
Rendah)
2.
Simulasi Mini Riset Tahap
I
|
Model
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah)
|
·
Pra Kondisi : Mahasiswa Telah
Mempelajari Bahan Tentang Model Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
Yang Menjadi Bahan Pertemuan Keenam
·
Pendahuluan;
1. Memberikan
Motivasi Pentingnya Belajar Secara Ulet Dan Disiplin.
2. Membahas
Perkembangan Portofolio.
·
Kegiatan Inti
1.
Kuliah
Ceramah Tentang Model Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah Dengan Powerpoint Dan Buku Teks
Dimana Dosen Memberikan Materi Sementara Mahasiswa Mendengarkan Dan Membuat
Catatan Yang Dibutuhkan.
2.
Diskusi
Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Memberikan Umpan Balik. Pada Tahapan Ini
Dosen Menjadi Fasilitator Sementara Mahasiswa Aktif Berdiskusi.
3.
Membuat
Kesimpulan Dan Rangkuman Materi.
Penutup :
Dosen
Memberikan Overview Materi Untuk Minggu Yang Akan Datang Agar Mahasiswa Dapat
Mempersiapkan Dengan Baik Materi keenam Tentang Media Dan Sumber Belajar
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
Pert - 6
|
1. Mampu menjelaskan Tentang
Media Dan Sumber Belajar Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
1. Menjelaskan Media Dan Sumber Belajar
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
2. Pengumpulan Tugas Mini Riset
|
Media
Dan Sumber Belajar Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
· Pra
Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari bahan terkait tentang Media Dan Sumber
Belajar Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah yang menjadi bahan pertemuan keenam
·
Pendahuluan;
1. Memberikan
motivasi pentingnya belajar secara mandiri dan disiplin.
2. Pengumpulan Tugas Mini Riset.
·
Kegiatan Inti
1.
Kuliah
ceramah Tentang
Media Dan Sumber Belajar Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah dengan powerpoint dan buku teks
dimana dosen memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat
catatan yang dibutuhkan.
2.
Diskusi
untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini
dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.
Membuat
kesimpulan dan rangkuman materi.
·
Penutup : Dosen
memberikan overview materi untuk pertemuan ke tujuh tentang Desain Pembelajaran PKn Di Kelas
Rendah
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
Pert - 7
|
1. Mampu menjelaskan Desain
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
1.
Menjelaskan Desain
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
Desain
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
·
Pra Kondisi : Mahasiswa telah
mempelajari Materi Desain Pembelajaran PKn Di Kelas
Rendah untuk pertemuan 7.
·
Pendahuluan;
1. Memberikan
motivasi pentingnya belajar secara bertanggungjawab dan ulet.
·
Kegiatan Inti
1.
Kuliah ceramah tentang Desain Pembelajaran PKn Di Kelas
Rendah ..
·
Penutup : Dosen
memberikan overview materi untuk minggu yang akan dating untuk persiapan Ujian tengah semester agar
mahasiswa dapat memperhatikannya dengan baik
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
Pert - 8
|
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
|
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
|
Soal Ujian Tengah Semester
|
·
Pra Kondisi : Mahasiswa telah
mempelajari Materi mulai sari ertemuan 1 sampai pertemuan 7.
·
Pendahuluan;
2. Memberikan
motivasi pentingnya belajar secara bertanggungjawab dan ulet.
·
Kegiatan Inti
2.
Mahasiswa menngerjakan soal Ujian Tengah semester dengan jujur dan
disiplin..
·
Penutup : Dosen
memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat memperhatikannya dengan baik
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
Pert 9
|
1. Mampu
menjelaskan Penyiapan Perangkat
Pembelajaran (RPP) Pkn Di Kelas Rendah
|
1. Penjelasan tentang Penyiapan
Perangkat Pembelajaran (RPP) Pkn Di
Kelas Rendah
2.
Review Simulasi Portofolio
Tahap II Critical Book Review
|
Penyiapan
Perangkat Pembelajaran (RPP) Pkn Di
Kelas Rendah
|
· Pra
Kondisi: Mahasiswa telah Penyiapan Perangkat
Pembelajaran (RPP) Pkn Di Kelas Rendah yang menjadi bahan
pertemuan kesepuluh.
·
Pendahuluan;
1. Memberikan
motivasi pentingnya belajar secara mandiri dan disiplin.
2. Membahas
perkembangan portofolio Tahap
II Critical Book Review
·
Kegiatan Inti
1.
Kuliah
ceramah tentang
Penyiapan
Perangkat Pembelajaran (RPP) Pkn Di
Kelas Rendah dengan powerpoint dan buku teks dimana
dosen memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat catatan
yang dibutuhkan.
2.
Diskusi
untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini
dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.
Membuat
kesimpulan dan rangkuman materi.
· Penutup : Dosen
memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat
mempersiapkan dengan baik terkait materi Pembuatan Perangkat Tes Dan
Penyajian Perangkat Tes Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
Pert 10-11
|
1. Mampu
menjelaskan tentang Pembuatan Perangkat Tes Dan
Penyajian Perangkat Tes Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
1. Penjelasan tentang Pembuatan Perangkat Tes Dan
Penyajian Perangkat Tes Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
2.
Review Simulasi Portofolio
Tahap II” Critical Book Review
|
|
· Pra
Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari bahan tentang Pembuatan Perangkat Tes Dan Penyajian Perangkat Tes Pembelajaran
PKn Di Kelas Rendah yang menjadi bahan pertemuan kesebelas
·
Pendahuluan;
1. Memberikan
motivasi pentingnya belajar secara mandiri dan disiplin.
2. Membahas
perkembangan portofolio Tahap II” Critical Book
Review
·
Kegiatan Inti
1.
Kuliah
ceramah tentang
Pembuatan Perangkat
Tes Dan Penyajian Perangkat Tes Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah dengan powerpoint dan buku teks dimana dosen memberikan
materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat catatan yang dibutuhkan.
2.
Diskusi
untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini
dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.
Membuat
kesimpulan dan rangkuman materi.
·
Penutup : Dosen
memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat
mempersiapkan dengan baik terkait Penilaian Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah dan mengingatkan
mahasiswa untuk mengumpulkan tugas Critical Book Review pada minggu depan
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
Pert – 12
|
1. Mampu
Menjelaskan Penilaian Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
1. Penjelasan Penilaian
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
2.
Mengumpulkan tugas
Critical Book Review
|
Penilaian
Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
|
·
Pra Kondisi : Mahasiswa telah
mempelajari bahan tentang Penilaian Pembelajaran PKn Di Kelas
Rendah yang menjadi bahan pertemuan duabelas
·
Pendahuluan;
1. Memberikan
motivasi pentingnya belajar secara ulet dan bertanggungjawab.
2. Mengumpulkan tugas Critical Book Review
·
Kegiatan Inti
1.
Kuliah
ceramah tentang Penilaian Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah dengan powerpoint dan buku teks
dimana dosen memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat
catatan yang dibutuhkan.
2.
Diskusi
untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini
dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.
Membuat
kesimpulan dan rangkuman materi.
·
Penutup : Dosen
memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat
mempersiapkan dengan baik terkait praktek mengajar
PKn kelas rendah dan menjelaskan
tentang tugas Critical Jurnal Review.
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
Pert 13
|
Mampu
melakukan praktek mengajar PKn kelas Rendah di depan
Kelas
|
1.
Penjelasan praktek mengajar
PKn kelas Rendah di depan Kelas
2.
Review Simulasi Critical
Jurnal Review
|
praktek mengajar PKn kelas Rendah di depan Kelas
|
.
·
Pra Kondisi : Mahasiswa telah
mempelajari bahan tentang praktek
mengajar PKn kelas Rendah di depan Kelas.yang menjadi
bahan pertemuan tigabelas.
·
Pendahuluan;
1. Memberikan
motivasi pentingnya aspek religius dan kejujuran.
2. Membahas
perkembangan Critical Jurnal Review
·
Kegiatan Inti
1.
Kuliah
ceramah tentang tentang praktek
mengajar PKn kelas Rendah di depan Kelas dengan powerpoint dan buku teks dimana dosen
memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat catatan yang
dibutuhkan.
2.
Diskusi
untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini
dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.
Membuat
kesimpulan dan rangkuman materi.
·
Penutup : Dosen
memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat
mempersiapkan dengan baik terkait Praktek Mengajar
PKn Kelas Rendah dan mengingatkan
mahasiswa untuk mengumpulkan tugas Critical jurnal review dan Praktek Mengajar pada minggu depan
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
Pert 14
|
Mampu
mempraktekkan Mengajar Pkn Di Kelas Rendah dengan
penggunaan Model dan metode belajar.
|
1.
Praktek Mengajar Pkn Di Kelas
Tinggi dengan penggunaan Model dan metode belajar.
2.
Pengumpulan Tugas Critical
jurnal review
3.
Review Simulasi Tugas Projek
|
|
·
Pra Kondisi : Mahasiswa telah
mempelajari stategi Praktek Mengajar Pkn Di Kelas T Rendah dengan
penggunaan Model dan metode yang menjadi bahan pertemuan empat
belas.
·
Pendahuluan;
1. Memberikan
motivasi pentingnya belajar secara ulet dan bertanggungjawab.
2. Mengumpulkan Tugas Critical jurnal review
3. Overview Tugas Projek
·
Kegiatan Inti
1.
Praktek Mengajar Pkn Di Kelas
Tinggi dengan penggunaan Model dan metode belajar .
2.
Membuat
kesimpulan dan rangkuman tentang Praktek Mengajar Pkn Di Kelas Rendah dengan penggunaan
Model dan metode belajar
·
Penutup : Dosen
memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat
mempersiapkan dengan baik materi tentang Praktek Mengajar
Pkn Di Kelas Rendah dengan penggunaan Model dan metode belajar
·
Mahasiswa diingatkan bahwa pembelajaran minggu depan mengumpulkan tugas Projek dan Praktek mengajar.
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
Pert - 15
|
1.Mampu
melakukan Praktek Mengajar Pkn Di Kelas Rendah
|
1. Praktek mengajar Pkn Di Kelas Rendah
2. Pengumpulan Tugas projek
3. Review Simulasi Tugas Rekayasa Ide
|
|
·
Pra Kondisi : Mahasiswa telah
mempelajari Praktek Mengajar Pkn Di Kelas Rendah yang menjadi bahan pertemuan lima belas.
·
Pendahuluan;.
1. Memberikan
motivasi pentingnya belajar secara mandiri dan disiplin.
2. Mengumpulkan tugas projek
3. Membahas
perkembangan Tugas Rekayasa Ide
·
Kegiatan Inti
1.
Praktek Mengajar Pkn Di Kelas
Rendah
yang menjadi bahan pertemuan lima tbelas Diskusi untuk meningkatkan
pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini dosen menjadi
fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
2.
Membuat
kesimpulan dan rangkuman materi.
· Penutup : Dosen memberikan overview materi untuk minggu yang
akan datang agar mahasiswa dapat mempersiapkan dengan baik terkait UAS dan pengumpulan Tugas rekayasa Ide
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
|
Pert - 16
|
Mampu
Mengerjakan Ujian Akhir Semester dan pengumpulan Tugas
Rekayasa Ide
|
1.
Mengerjakan Ujian Akhir
Semester
2.
Pengumpulan Tugas Rekayasa
Ide
|
|
·
Pra Kondisi : Mahasiswa telah
mempelajari pertemuan 9 sampai 15 untuk mengerjakan Soal UAS
·
Pendahuluan;
1. Memberikan
motivasi pentingnya belajar secara ulet dan bertanggungjawab.
2. Me ngumpulkan Tugas Rekayasa Ide
·
Kegiatan Inti
1.
Mengerjakan soal UAS
·
Penutup : Dosen
memberikan motivasi akhir manfaat dari pembelajaran satu semester penuh.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
Medan, September 2017
Mengetahui
Dosen Pengampu Dosen Pendamping
(Drs.Eduard,M.Si) (Dewi
Afriany Susanti S.Pd.,M.Pd)
Mengetahui :
Ka.Prodi
(Drs.Pandapotan Tambunan,M.Pd)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar