|
SILABUS
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY
|
Semester Ganjil
2017 / 2018
|
A. Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah : Pendidikan PKn
Kelas Rendah
Kode Mata Kuliah : UQ 65033234
Semester/Tahun Ajaran :
Ganjil/ 2017-2018
SKS :
3 SKS
Waktu Pertem (Hari/Jam) :
Senin / 10.30 – 13.00
Ruang :
204
Dosen :
Dewi Afriany Susanti,S.Pd.,M.Pd
Email: :
dewigtgs@gmail.com
B. Profil Lulusan :
1. Guru
pada Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar
2. Peneliti
Bidang Sekolah Dasar
3. Pengelola
lembaga Pendidikan Sekolah Dasar
C. Deskripsi Mata Kuliah / Uraian
Mata kuliah ini
mengkaji tentang Paradigma Baru / Profil Pkn Di SD
Mengkaji Materi Pkn Di Kelas 1 Dan 2 SD, Mengkaji Materi Pkn Di Kelas 3 SD, Metode
Pembelajaran Pkn Di Kelas Rendah, Model Pembelajaran Pkn Di Kelas Rendah, Media
Dan Sumber Belajar, Pembelajaran Pkn Di Kelas Rendah, Desain Pembelajaran Pkn
Di Kelas Rendah, Penyiapan Perangkat
Pembelajaran (RPP) Pkn Di Kelas Rendah, Pembuatan Perangkat Tes Dan
Penyajian Perangkat Tes Pembelajaran Pkn Di Kelas Rendah, Penilaian
Pembelajaran Pkn Di Kelas Rendah, Praktek Mengajar Di Kelas Pembelajaran Pkn Di
Kelas Rendah
|
SILABUS
/ RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY
|
Semester Ganjil
2017 / 2018
|
D. Capaian Pembelajaran:
Aspek
Sikap
Capaian
pembelajaran terkait aspek sikap adalah menumbuh kembangkan
motivasi untuk berkembang serta memupuk sikap religius, bertanggungjawab, ulet,
mandiri, dan disiplin
2. Mampu mengkaji materi PKn di kelas 1 dan 2 SD
3. Mampu mengkaji materi PKn di kelas 3 SD
4. Mampu menjelaskan tentang metode pembelajaran PKn di kelas rendah
5. Mampu menjelaskan tentang model pembelajaran PKn di kelas rendah
6. Mampu menjelaskan tentang media dan sumber
belajar pembelajaran PKn
di kelas rendah
7. Mampu menjelaskan tentang desain pembelajaran PKn di kelas rendah
8. Mampu menyiapan
perangkat pembelajaran (RPP) PKn di kelas rendah
9. Mampu membuat
perangkat tes dan penyajian perangkat tes pembelajaran PKn di kelas rendah
10. Mampu melakukan penilaian
pembelajaran PKn
di kelas rendah
11. Mampu melakukan praktek
mengajar di kelas pembelajaran PKn di kelas rendah
Aspek Keterampilan Khusus
1.
Mampu melakukan analisis model,media,metode dan strategi mengajar PKN di SD kelas
endah
2.
Mampu melakukan Praktek Mengajar materi PKn di Kelas Rendah (Kelas 1,2, dan 3 SD)
3. Mampu menggunakan Model Pembelajaran yang Inovatif pada
Pelajaran PKN di SD Kelas Rendah .
E. Pendekatan Pembelajaran
Perkuliahan
mata kuliah pasar modal akan mengintegrasikan berbagai pendekatan pembelajaran
mahasiswa aktif. Sepanjang satu semester selain memperoleh kuliah melalui dosen
yang dilengkapi dengan diskusi di dalam kelas. Selain hal tersebut pendekatan
pembelajaran
|
SILABUS
/ RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY
|
Semester Ganjil
2017 / 2018
|
experiential learning, problem based
learning dan cooperative learning dalam bentuk simulasi portofolio
dan Melakukan Praktek Mengajar di Dalam kelas.a
secara realtime akan
diintegrasikan dengan metode pembelajaran ceramah dan diskusi.
F.
Sumber
Referensi
Sumber rujukan utama adalah sebagai berikut
:
·
Kaelan, 2002.Pendidikan
Pancasila,Yogyakarta:Paradigma
·
Pendidikan
Kewarganegaraan Sunarso dkk 2016 UNY Press Yogyakarta
·
Bunyamin Maftuh
2008 Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan
Kewarganegaraan
·
Dahlan Nasution,1989. Politik
Internasional,Jakarta:Erlangga
·
Soerapto,1995.Hubungan
Internasional,Jakarta:RajaGrafindoPersada
·
Buku Bacaan penerbit Grafindo,Erlangga Kelas I SD
·
Buku Bacaan penerbit Grafindo,Erlangga Kelas II SD
·
Buku Bacaan penerbit Grafindo, Erlangga Kelas III SD
|
SILABUS
/ RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY
|
Semester Ganjil
2017 / 2018
|
G. Tugas Perkuliahan
Tugas 1 Rutin: individu
Tugas rutin akan diberikan dalam setiap kompetensi
dasar sebanyak 5 soal esay
Tugas 2 (CBR): (Individual) :
·
Judul buku yang
dikritik buku” Pendidikan Kewarganegaraan Di SD Kelas 1,2,3 Penerbit Erlangga dan
Yudistira
·
Pendidikan
Kewarganegaraan Sunarso dkk 2016 UNY Press Yogyakarta”
Bentuk Tugas :
Laporan hasil critical books (Hardcopy dan softcopy)
Struktur :
Terdiri atas 4 bagian/bab, yaitu:
Bab I. Pendahuluan (Latar belakang, Tujuan, Manfaat)
Bab II. Isi Buku (Ringkasan Buku Setiap Bab)
Bab III. Pembahasan (Perbedaan: Keunggulan,
Kelemahan)
Bab IV. Penutup (Kesimpulan dan Saran)
Keterangan:
Tugas I Dikumpul Mingguke 12
|
SILABUS
/ RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY
|
Semester Ganjil
2017 / 2018
|
Tugas 3: (individu) Critical
Jurnal Report
Bentuk Tugas :
Riviu jurnal atau kajian ilmiah tentang Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas Rendah
Struktur : Membuat Defenisi Konseptual dan
Definisi Operasional
Manfaat dan tujuan
Materi kajian
Analisis dan riviu
Kesimpulan
Keterangan:
Tugas 2 Dikumpul Minggu 14
Tugas 4:(Kelompok maksimum 3 orang) Rekayasa Ide
Struktur :
Latar belakang
Manfaat dan tujuan
Kajian
Pustaka
Analisis dan riviu
Kesimpulan
Keterangan:
Tugas 3 Dikumpul Mg 16
|
SILABUS
/ RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY
|
Semester Ganjil
2017 / 2018
|
Tugas 5:
(Kelompok maksimum 3 orang) Mini research
Bentuk Tugas: Laporan hasil
Penerapan Model dan Metode Pembelajaran pada Pembelajaran PKn di kelas Rendah
Struktur
: A. Pendahuluan
B. Hasil Percobaan dan Pembahasan
1.
Hasil observasi
2. Pembahasan (dikaitkan
dengan teori)
C. Kesimpulan
D. Pustaka
Keterangan:
Tugas 4 dikumpul Minggu ke 7 (Sebelum Tes formatif 1)
Tugas 6 : (Kelompok 2 – 3 orang) Tugas Proyek
Bentuk
Tugas : Penelitian sederhana tentang
pengaruh Model Pembelajaran terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa
Struktur : A. Pendahuluan
B. Kajian Pustaka
Mengkaji
teori-teori yang berhubungan dengan percobaan yang dilakukan
C. Metode Percobaan dan hasil percobaan
D. Penutup (Kesimpulan dan Saran)
Keterangan:
Tugas 5 dikumpul Mg 15 (Sebelum Final Tes)
yang
terdiri minimal dari tiga bab ; pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan. Tugas
dicetak dan dijilid biasa selanjutnya dikumpulkan sesuai jadwal yang tertera
dalam rencana tiap pertemuan.
|
SILABUS
/ RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY
|
Semester Ganjil
2017 / 2018
|
H. Penilaian
Nilai akhir dari mata kuliah ini ditentukan oleh empat komponen berikut ini
:
1.
UTS dan UAS berbentuk esai maupun pilihan ganda.
2.
Tugas Sebagai Pengganti salah satu formatif dengan nilai
terkecil. Dengan penilaian sebagai berikut :
No
|
AspekYangDinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatanwaktu. Nilai 10 jika dikumpulkan tepat waktu atau
sebelum waktu yang ditetapkan.
|
10
|
2
|
Kelengkapanpelaporan. Nilai 30 jika semua komponen yang diminta terdapat dalam laporan.
|
30
|
3
|
Analisayangdigunakan. Bagian ini akan memberikan nilai 50 jika mahasiswa mampu memberikan analisis yang tepat dan
komprehensif.
|
50
|
4
|
Tampilan(layoutlaporan). Nilai maksimum sebesar 10 untuk tampilan yang menarik.
|
10
|
NilaiMaksimum
|
100
|
Nilai
A : Jika nilai rata-rata akhir ≥ 90.
Nilai
B : Jika nilai rata-rata terdapat dalam rentang 80 ≤ nilai rata rata < 90.
Nilai
C : Jika nilai rata-rata terdapat dalam rentang 70 ≤ nilai rata rata < 80.
Nilai E : Jika nilai rata-rata akhir < 70.
I.
Tata Kelola Perkuliahan:
|
SILABUS
/ RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY
|
Semester Ganjil
2017 / 2018
|
1. Pembelajaran ini menggunakan pendekatan penguasaan atas tujuan yang
ditentukan, yang dinyatakan dalam bentuk:
a. Menyelesaikan dengan baik semua tes dan tugas lain yang
diberikan secara berkala. Di samping tes pertengahan dan akhir semester akan
diberikan tes (kuis) penguasaan bahan
ajaran sebelum atau segera sesudah atau berkaitan langsung dengan pembahasan
suatu pokok bahasan, sedikitnya lima kali.
b.
Mengikuti
semua kegiatan pembahasan pokok bahasan. Bilamana karena sesuatu hal terpaksa
tidak dapat mengikuti (dengan pemberitahuan resmi secara tertulis) tidak dapat
mengikuti pembahasan suatu pokok bahasan di kelas, maka mahasiswa harus
melakukan pembahasan sendiri secara tertulis, dan diserahkan selambatnya 2
(dua) minggu setelah pembahasan di kelas.
c.
Kerja
sama dalam kelompok untuk mempresentasikan dan membahas topik yang telah
ditentukan, dalam forum diskusi kelas.
d.
Menganalisis
atau mengulas secara tuntas suatu topik dan
materi kuliah dari refrensi/buku
teks atau sumber lainnya yang ditentukan, secara kelompok atau individu.
e.
Menulis
makalah individu secara ilmiah yang berupa ulasan atas suatu aspek teori
komunikasi yang dipilih sendiri setelah berkonsultasi dengan dosen.
f.
Setiap
makalah/paper/laporan diketik pada kertas A4 dengan kerapatan 1,5 spasi dengan
jumlah halaman 8 (delapan) halaman.
Mengingat
bahwa Pembelajaran ini merupakan dasar untuk penguasaan kemampuan di
bidang akuntansi,
maka tidak dimungkinkan adanya nilai BL (belum lengkap). Tugas-tugas yang tidak
dikerjakan sesuai dengan ketentuan yang disepakati akan memperoleh nilai ”E”
atau nol.
|
SILABUS
/ RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY
|
Semester Ganjil
2017 / 2018
|
2. Mahasiswa
dibagi dalam kelompok dengan anggota 2 – 4 orang (atau disesuaikan dengan
jumlah mahasiswa). Masing-masing kelompok memilih topik yang akan dibahas dan
disajikannya di dalam kelas, dalam bentuk diskusi panel, seminar atau forum
diskusi lain yang memungkinkan semua kelompokatau anggotanya berperan aktif. Dosen aktif mengikuti, mengarahkan diskusi, dan
memberikan penjelasan atau ulasan tentang topik yang dibahas.
3. Bilamana hari
Pembelajaran tepat pada hari libur nasional atau karena sesuatu hal
Pembelajarantidak dapat diadakan, maka akan diganti pada hari yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar