Rabu, 20 September 2017

RPS KKNI PKN KELAS RENDAH



Rencana Perkuliahan Semester (RPS)

A.  Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah                            : Pendidikan PKn Kelas Rendah
Kode Mata Kuliah                              : UQ 65033234
Semester/Tahun Ajaran           : Genap/ 2017-2018
SKS                                         : 3 SKS
Waktu Pertem (Hari/Jam)       : Senin / 08.00 – 10.30 Wib
Ruang                                      : 204
Dosen                                      : Dewi Afriany Susanti,S.Pd.,M.Pd
Email:                                      : dewigtgs@gmail.com

B.  Profil Lulusan                   : 
1.    Guru pada Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar
2.    Peneliti Bidang Sekolah Dasar
3.    Pengelola lembaga Pendidikan Sekolah Dasar

C.   Capaian Pembelajaran:
     Aspek Sikap
Capaian pembelajaran terkait aspek sikap adalah menumbuh kembangkan motivasi untuk berkembang serta memupuk sikap religius, bertanggungjawab, ulet, mandiri, dan disiplin
     Aspek Penguasaan Pengetahuan
1.      Mampu menjelaskan tentang paradigma baru / profil PKn di SD
2.      Mampu mengkaji materi PKn di kelas 1 dan 2 SD
3.      Mampu mengkaji materi PKn di kelas 3 SD
4.      Mampu menjelaskan tentang metode pembelajaran PKn di kelas rendah
5.      Mampu menjelaskan tentang model pembelajaran PKn di kelas rendah
6.      Mampu menjelaskan tentang media dan sumber belajar pembelajaran PKn di kelas rendah
7.      Mampu menjelaskan tentang desain pembelajaran PKn di kelas rendah
8.      Mampu menyiapan perangkat  pembelajaran (RPP) PKn di kelas rendah
9.      Mampu membuat perangkat tes dan penyajian perangkat tes pembelajaran PKn di kelas rendah
10.  Mampu melakukan penilaian pembelajaran PKn di kelas rendah
11.  Mampu melakukan praktek mengajar di kelas pembelajaran PKn di kelas rendah
  Aspek Keterampilan Khusus
1.      Mampu melakukan analisis model,media,metode dan strategi mengajar PKN di SD kelas endah
2.      Mampu melakukan Praktek Mengajar materi PKn di Kelas Rendah  (Kelas 1,2, dan 3 SD)
3.      Mampu menggunakan Model Pembelajaran yang Inovatif pada Pelajaran PKN di SD Kelas Rendah  .

Pertemuan
Kompetensi dasar

Bahan Kajian

Rincian Materi

Aktivitas Perkuliahan
WAKTU
Atribut Karakter
TAGIHAN
Sumber Belajar
T
P
L
TR
CBR
CBJR
MR
RI
PR
j
Pert - 1

1.    Mampu Menjelaskan Paradigma Baru/ Profil PKN di SD


1.    Kontrak Kuliah Dan Penjelasan Tugas
2.    Penjelasan
Tentang Paradigma Baru/ Profil PKN di SD

RPS, SAP dan Tagihan
Simulasi Paradigma Baru/ Profil PKN di SD

·  Pra Kondisi : Mahasiswa telah lulus mata kuliah Pend PKn kelas Rendah
·   
·  Pendahuluan;
1.    Memberikan motivasi pentingnya belajar yang efektif dan pentingnya belajar Tentang Mampu Menjelaskan Paradigma Baru/ Profil PKN di SD

2.    Memfasilitasi pembentukan portofolio Tentang lembaga dan susunan Pemerintahan Desa mahasiswa.
·  Kegiatan Inti
1.    Kuliah ceramah Tentang lembaga dan susunan Pemerintahan Desa dengan powerpoint dan buku teks dimana dosen memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat catatan yang dibutuhkan.
2.    Diskusi untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.    Membuat kesimpulan dan rangkuman materi.
·  Penutup : Dosen memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat mempersiapkan dengan baik.
50
50
50
·    Motivasi
·    Religius
·    Tanggung jawab
·    Kejujuran
·    Ulet
·    Mandiri
·    Disiplin







Pert - 2


1.      Mampu Mengkaji Materi PKn Di Kelas 1 Dan 2 SD

1.Penjelasan Tentang Mengkaji Materi PKn Di Kelas 1 Dan 2 SD

Mengkaji Materi PKn Di Kelas 1 Dan 2 SD
·   Pra Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari bahan terkait Tentang Mengkaji Materi PKn Di Kelas 1 Dan 2 SD yang menjadi bahan pertemuan kedua.
·  Pendahuluan;
1.    Memberikan motivasi pentingnya belajar secara mandiri dan disiplin.
2.    Membahas perkembangan portofolio.
·  Kegiatan Inti
1.    Kuliah ceramah Tentang Struktur Pemerintahan Kecamatan dengan powerpoint dan buku teks dimana dosen memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat catatan yang dibutuhkan.
2.    Diskusi untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.    Membuat kesimpulan dan rangkuman materi.

Penutup : Dosen memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat mempersiapkan dengan baik materi tentang Mengkaji Materi PKn Di Kelas 3 SD










Pert 3


1.      Mampu  Mengkaji Materi PKn Di Kelas 3 SD

1.    Penjelasan  Mampu  Mengkaji Materi PKn Di Kelas 3 SD

Mengkaji Materi PKn Di Kelas 3 SD
Pra Kondisi :
·  Mahasiswa Telah Mempelajari Bahan Terkait Mampu  Mengkaji Materi PKn Di Kelas 3 SD Yang Menjadi Bahan Pertemuan Ketiga.
·  Pendahuluan;
1.    Memberikan Motivasi Pentingnya Belajar Secara Bertanggung Jawab Dan Ulet
2.    Membahas Perkembangan Portofolio.

·  Kegiatan Inti
1.    Kuliah Ceramah Tentang Mampu  Mengkaji Materi PKn Di Kelas 3 SD Dengan Powerpoint Dan Buku Teks Dimana Dosen Memberikan Materi Sementara Mahasiswa Mendengarkan Dan Membuat Catatan Yang Dibutuhkan.
2.    Diskusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Memberikan Umpan Balik. Pada Tahapan Ini Dosen Menjadi Fasilitator Sementara Mahasiswa Aktif Berdiskusi.
3.    Membuat Kesimpulan Dan Rangkuman Materi.

Penutup : Dosen Memberikan Overview Materi Untuk Minggu Yang Akan Datang Materi Tentang Metode Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah









Pert 4


1.    Mampu menjelaskan Metode Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah

1.    Menjelaskan Metode Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah

Metode Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
1.    Pra Kondisi : Mahasiswa Telah Mempelajari Bahan Terkai Tentang Metode Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah Yang Menjadi Bahan Pertemuan Kelima,
·  Pendahuluan;
1.    Memberikan Motivasi Pentingnya Belajar Religius Dan Kejujuran.
2.    Membahas Perkembangan Portofolio.
·  Kegiatan Inti
1.    Kuliah Ceramah Tentang Tentang Metode Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah Dengan Powerpoint Dan Buku Teks Dimana Dosen Memberikan Materi Sementara Mahasiswa Mendengarkan Dan Membuat Catatan Yang Dibutuhkan.
2.    Diskusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Memberikan Umpan Balik. Pada Tahapan Ini Dosen Menjadi Fasilitator Sementara Mahasiswa Aktif Berdiskusi.
3.    Membuat Kesimpulan Dan Rangkuman Materi.

Penutup :
 Dosen Memberikan Overview Materi Untuk Minggu Yang Akan Datang Terkait Materi Tentang Model Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah









Pert - 5


1.     Mampu menjelaskan Model Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah

1.  Menjelaskan  Model Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah)
2.      Simulasi Mini Riset Tahap I
Model Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah)

·  Pra Kondisi : Mahasiswa Telah Mempelajari Bahan Tentang Model Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah Yang Menjadi Bahan Pertemuan Keenam
·  Pendahuluan;
1.    Memberikan Motivasi Pentingnya Belajar Secara Ulet Dan Disiplin.
2.    Membahas Perkembangan Portofolio.
·  Kegiatan Inti
1.    Kuliah Ceramah Tentang Model Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah Dengan Powerpoint Dan Buku Teks Dimana Dosen Memberikan Materi Sementara Mahasiswa Mendengarkan Dan Membuat Catatan Yang Dibutuhkan.
2.    Diskusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Memberikan Umpan Balik. Pada Tahapan Ini Dosen Menjadi Fasilitator Sementara Mahasiswa Aktif Berdiskusi.
3.    Membuat Kesimpulan Dan Rangkuman Materi.

Penutup :
 Dosen Memberikan Overview Materi Untuk Minggu Yang Akan Datang Agar Mahasiswa Dapat Mempersiapkan Dengan Baik Materi keenam  Tentang Media Dan Sumber Belajar Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah










Pert - 6

1.     Mampu menjelaskan Tentang Media Dan Sumber Belajar Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah

1. Menjelaskan Media Dan Sumber Belajar Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
2.    Pengumpulan Tugas  Mini Riset
Media Dan Sumber Belajar Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
·   Pra Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari bahan terkait tentang Media Dan Sumber Belajar Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah yang menjadi bahan pertemuan keenam

·  Pendahuluan;
1.    Memberikan motivasi pentingnya belajar secara mandiri dan disiplin.
2.    Pengumpulan Tugas Mini Riset.


·  Kegiatan Inti
1.    Kuliah ceramah Tentang Media Dan Sumber Belajar Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah dengan powerpoint dan buku teks dimana dosen memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat catatan yang dibutuhkan.
2.    Diskusi untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.    Membuat kesimpulan dan rangkuman materi.

·      Penutup : Dosen memberikan overview materi untuk pertemuan ke tujuh  tentang Desain Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah










Pert - 7


1.     Mampu menjelaskan Desain Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
1.  Menjelaskan Desain Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
Desain Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
·  Pra Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari Materi Desain Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah untuk pertemuan 7.
·  Pendahuluan;
1.    Memberikan motivasi pentingnya belajar secara bertanggungjawab dan ulet.

·  Kegiatan Inti
1.    Kuliah ceramah tentang Desain Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah ..
·  Penutup : Dosen memberikan overview materi untuk minggu yang akan dating untuk persiapan Ujian tengah semester agar mahasiswa dapat memperhatikannya dengan baik










Pert - 8


Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
Soal Ujian Tengah Semester
·  Pra Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari Materi mulai sari ertemuan 1 sampai pertemuan 7.
·  Pendahuluan;
2.    Memberikan motivasi pentingnya belajar secara bertanggungjawab dan ulet.

·  Kegiatan Inti
2.    Mahasiswa menngerjakan soal Ujian Tengah semester dengan jujur dan disiplin..
·  Penutup : Dosen memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat memperhatikannya dengan baik










Pert  9


1.      Mampu menjelaskan Penyiapan Perangkat  Pembelajaran (RPP) Pkn Di Kelas Rendah

1.    Penjelasan tentang Penyiapan Perangkat  Pembelajaran (RPP) Pkn Di Kelas Rendah
2.   Review Simulasi Portofolio Tahap II Critical Book Review
Penyiapan Perangkat  Pembelajaran (RPP) Pkn Di Kelas Rendah
·   Pra Kondisi: Mahasiswa telah Penyiapan Perangkat  Pembelajaran (RPP) Pkn Di Kelas Rendah yang menjadi bahan pertemuan kesepuluh.
·  Pendahuluan;
1.    Memberikan motivasi pentingnya belajar secara mandiri dan disiplin.
2.    Membahas perkembangan portofolio Tahap II Critical Book Review
·  Kegiatan Inti
1.    Kuliah ceramah tentang  
Penyiapan Perangkat  Pembelajaran (RPP) Pkn Di Kelas Rendah dengan powerpoint dan buku teks dimana dosen memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat catatan yang dibutuhkan.
2.    Diskusi untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.

3.    Membuat kesimpulan dan rangkuman materi.
·   Penutup : Dosen memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat mempersiapkan dengan baik terkait materi Pembuatan Perangkat Tes Dan Penyajian Perangkat Tes Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah










Pert 10-11


1.    Mampu menjelaskan tentang  Pembuatan Perangkat Tes Dan Penyajian Perangkat Tes Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah

1.    Penjelasan tentang  Pembuatan Perangkat Tes Dan Penyajian Perangkat Tes Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
2.      Review Simulasi Portofolio Tahap II” Critical Book Review


·   Pra Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari bahan tentang  Pembuatan Perangkat Tes Dan Penyajian Perangkat Tes Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah yang menjadi bahan pertemuan kesebelas
·  Pendahuluan;
1.    Memberikan motivasi pentingnya belajar secara mandiri dan disiplin.
2.    Membahas perkembangan portofolio Tahap II” Critical Book Review
·  Kegiatan Inti
1.    Kuliah ceramah tentang  
Pembuatan Perangkat Tes Dan Penyajian Perangkat Tes Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah dengan powerpoint dan buku teks dimana dosen memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat catatan yang dibutuhkan.
2.    Diskusi untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.    Membuat kesimpulan dan rangkuman materi.
·      Penutup : Dosen memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat mempersiapkan dengan baik terkait Penilaian Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah dan mengingatkan mahasiswa untuk mengumpulkan tugas Critical Book Review pada minggu depan









Pert – 12


1.     Mampu Menjelaskan Penilaian Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah

1.    Penjelasan Penilaian Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
2.      Mengumpulkan tugas Critical Book Review

Penilaian Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah
·  Pra Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari bahan tentang Penilaian Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah yang menjadi bahan pertemuan duabelas
·  Pendahuluan;
1.    Memberikan motivasi pentingnya belajar secara ulet dan bertanggungjawab.
2.    Mengumpulkan tugas Critical Book Review
·  Kegiatan Inti
1.    Kuliah ceramah tentang Penilaian Pembelajaran PKn Di Kelas Rendah dengan powerpoint dan buku teks dimana dosen memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat catatan yang dibutuhkan.
2.    Diskusi untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.    Membuat kesimpulan dan rangkuman materi.
·  Penutup : Dosen memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat mempersiapkan dengan baik terkait praktek mengajar PKn kelas rendah  dan menjelaskan tentang tugas Critical Jurnal Review.









Pert 13


Mampu melakukan praktek mengajar PKn kelas Rendah di depan Kelas
1.      Penjelasan praktek mengajar PKn kelas Rendah di depan Kelas
2.      Review Simulasi Critical Jurnal Review
praktek mengajar PKn kelas Rendah di depan Kelas
.
·  Pra Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari bahan tentang  praktek mengajar PKn kelas Rendah di depan Kelas.yang menjadi bahan pertemuan tigabelas.
·  Pendahuluan;
1.    Memberikan motivasi pentingnya aspek religius dan kejujuran.
2.    Membahas perkembangan Critical Jurnal Review
·  Kegiatan Inti
1.    Kuliah ceramah tentang tentang  praktek mengajar PKn kelas Rendah di depan Kelas dengan powerpoint dan buku teks dimana dosen memberikan materi sementara mahasiswa mendengarkan dan membuat catatan yang dibutuhkan.
2.    Diskusi untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
3.    Membuat kesimpulan dan rangkuman materi.
·  Penutup : Dosen memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat mempersiapkan dengan baik terkait Praktek Mengajar PKn Kelas Rendah  dan mengingatkan mahasiswa untuk mengumpulkan tugas Critical jurnal review  dan Praktek Mengajar pada minggu depan









Pert  14


Mampu mempraktekkan Mengajar Pkn Di Kelas Rendah dengan penggunaan Model dan metode belajar.
1.      Praktek Mengajar Pkn Di Kelas Tinggi dengan penggunaan Model dan metode belajar.
2.      Pengumpulan Tugas Critical jurnal review 
3.      Review Simulasi Tugas Projek

·  Pra Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari stategi Praktek Mengajar Pkn Di Kelas T Rendah dengan penggunaan Model dan metode  yang menjadi bahan pertemuan empat belas.
·  Pendahuluan;
1.    Memberikan motivasi pentingnya belajar secara ulet dan bertanggungjawab.
2.    Mengumpulkan Tugas Critical jurnal review 
3.    Overview Tugas Projek
·  Kegiatan Inti
1.    Praktek Mengajar Pkn Di Kelas Tinggi dengan penggunaan Model dan metode belajar .
2.    Membuat kesimpulan dan rangkuman tentang Praktek Mengajar Pkn Di Kelas Rendah dengan penggunaan Model dan metode belajar
·  Penutup : Dosen memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat mempersiapkan dengan baik materi tentang Praktek Mengajar Pkn Di Kelas Rendah dengan penggunaan Model dan metode belajar
·   Mahasiswa diingatkan bahwa pembelajaran minggu depan mengumpulkan tugas Projek dan Praktek mengajar.









Pert - 15


1.Mampu melakukan Praktek Mengajar Pkn Di Kelas Rendah

1.    Praktek mengajar Pkn Di Kelas Rendah
2.    Pengumpulan Tugas projek
3.    Review Simulasi Tugas Rekayasa Ide

·  Pra Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari Praktek Mengajar Pkn Di Kelas Rendah yang menjadi bahan pertemuan lima belas.
·  Pendahuluan;.
1.    Memberikan motivasi pentingnya belajar secara mandiri dan disiplin.
2.    Mengumpulkan tugas projek
3.    Membahas perkembangan Tugas Rekayasa Ide
·  Kegiatan Inti
1.    Praktek Mengajar Pkn Di Kelas Rendah yang menjadi bahan pertemuan lima tbelas Diskusi untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada tahapan ini dosen menjadi fasilitator sementara mahasiswa aktif berdiskusi.
2.    Membuat kesimpulan dan rangkuman materi.
·   Penutup : Dosen memberikan overview materi untuk minggu yang akan datang agar mahasiswa dapat mempersiapkan dengan baik terkait UAS dan pengumpulan Tugas rekayasa Ide









Pert - 16


Mampu Mengerjakan Ujian Akhir Semester dan pengumpulan Tugas Rekayasa Ide
1.      Mengerjakan Ujian Akhir Semester
2.      Pengumpulan Tugas Rekayasa Ide

·  Pra Kondisi : Mahasiswa telah mempelajari pertemuan 9 sampai 15 untuk mengerjakan Soal UAS
·  Pendahuluan;
1.    Memberikan motivasi pentingnya belajar secara ulet dan bertanggungjawab.
2.    Me ngumpulkan Tugas Rekayasa Ide
·  Kegiatan Inti
1.    Mengerjakan soal UAS
·  Penutup : Dosen memberikan motivasi akhir manfaat dari pembelajaran satu semester penuh.











Medan,    September  2017
Mengetahui

            Dosen Pengampu                                                                                                                                         Dosen Pendamping




(Drs.Eduard,M.Si)                                                                                                                            (Dewi Afriany Susanti S.Pd.,M.Pd)          



Mengetahui :
Ka.Prodi




(Drs.Pandapotan Tambunan,M.Pd)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMISIONER KPU KARO TERPILIH PERIODE 2018-2023

https://www.hetanews.com/article/141331/ini-nama-nama-komisioner-kpu-kabupaten-karo-terpilih-yang-diumumkan-kpu-ri-tertanggal-24-oktober-201...