Rabu, 20 September 2017

SILABUS KKNI PKN KELAS RENDAH


logo quality resmi.tif
SILABUS
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS  KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY

Semester Ganjil
2017 / 2018



A.  Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah                            : Pendidikan PKn Kelas Rendah
Kode Mata Kuliah                              : UQ 65033234
Semester/Tahun Ajaran           : Ganjil/ 2017-2018
SKS                                         : 3 SKS
Waktu Pertem (Hari/Jam)       : Senin / 10.30 – 13.00
Ruang                                      : 204
Dosen                                      : Dewi Afriany Susanti,S.Pd.,M.Pd
Email:                                      : dewigtgs@gmail.com

B.  Profil Lulusan                   : 
1.    Guru pada Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar
2.    Peneliti Bidang Sekolah Dasar
3.    Pengelola lembaga Pendidikan Sekolah Dasar

C.  Deskripsi Mata Kuliah / Uraian
Mata kuliah ini mengkaji tentang Paradigma Baru / Profil Pkn Di SD Mengkaji Materi Pkn Di Kelas 1 Dan 2 SD, Mengkaji Materi Pkn Di Kelas 3 SD, Metode Pembelajaran Pkn Di Kelas Rendah, Model Pembelajaran Pkn Di Kelas Rendah, Media Dan Sumber Belajar, Pembelajaran Pkn Di Kelas Rendah, Desain Pembelajaran Pkn Di Kelas Rendah, Penyiapan Perangkat  Pembelajaran (RPP) Pkn Di Kelas Rendah, Pembuatan Perangkat Tes Dan Penyajian Perangkat Tes Pembelajaran Pkn Di Kelas Rendah, Penilaian Pembelajaran Pkn Di Kelas Rendah, Praktek Mengajar Di Kelas Pembelajaran Pkn Di Kelas Rendah



logo quality resmi.tif
SILABUS / RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS  KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY

Semester Ganjil
2017 / 2018


D.  Capaian Pembelajaran:
     Aspek Sikap
Capaian pembelajaran terkait aspek sikap adalah menumbuh kembangkan motivasi untuk berkembang serta memupuk sikap religius, bertanggungjawab, ulet, mandiri, dan disiplin
     Aspek Penguasaan Pengetahuan
1.      Mampu menjelaskan tentang paradigma baru / profil PKn di SD
2.      Mampu mengkaji materi PKn di kelas 1 dan 2 SD
3.      Mampu mengkaji materi PKn di kelas 3 SD
4.      Mampu menjelaskan tentang metode pembelajaran PKn di kelas rendah
5.      Mampu menjelaskan tentang model pembelajaran PKn di kelas rendah
6.      Mampu menjelaskan tentang media dan sumber belajar pembelajaran PKn di kelas rendah
7.      Mampu menjelaskan tentang desain pembelajaran PKn di kelas rendah
8.      Mampu menyiapan perangkat  pembelajaran (RPP) PKn di kelas rendah
9.      Mampu membuat perangkat tes dan penyajian perangkat tes pembelajaran PKn di kelas rendah
10.  Mampu melakukan penilaian pembelajaran PKn di kelas rendah
11.  Mampu melakukan praktek mengajar di kelas pembelajaran PKn di kelas rendah
  
  Aspek Keterampilan Khusus
1.      Mampu melakukan analisis model,media,metode dan strategi mengajar PKN di SD kelas endah
2.      Mampu melakukan Praktek Mengajar materi PKn di Kelas Rendah  (Kelas 1,2, dan 3 SD)
3.      Mampu menggunakan Model Pembelajaran yang Inovatif pada Pelajaran PKN di SD Kelas Rendah  .

E.  Pendekatan Pembelajaran 
Perkuliahan mata kuliah pasar modal akan mengintegrasikan berbagai pendekatan pembelajaran mahasiswa aktif. Sepanjang satu semester selain memperoleh kuliah melalui dosen yang dilengkapi dengan diskusi di dalam kelas. Selain hal tersebut pendekatan pembelajaran


logo quality resmi.tif
SILABUS / RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS  KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY

Semester Ganjil
2017 / 2018


experiential learning, problem based learning dan cooperative learning dalam bentuk simulasi portofolio dan Melakukan Praktek Mengajar di Dalam kelas.a secara realtime akan diintegrasikan dengan metode pembelajaran ceramah dan diskusi.

F.   Sumber Referensi
     Sumber rujukan utama adalah sebagai berikut :
·           Kaelan, 2002.Pendidikan Pancasila,Yogyakarta:Paradigma
·           Pendidikan Kewarganegaraan Sunarso dkk 2016 UNY Press Yogyakarta
·           Bunyamin Maftuh 2008 Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan
·           Dahlan Nasution,1989. Politik Internasional,Jakarta:Erlangga
·           Soerapto,1995.Hubungan Internasional,Jakarta:RajaGrafindoPersada
·           Buku Bacaan penerbit Grafindo,Erlangga Kelas I SD
·           Buku Bacaan penerbit Grafindo,Erlangga Kelas II SD
·           Buku Bacaan penerbit Grafindo, Erlangga Kelas III SD



logo quality resmi.tif
SILABUS / RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS  KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY

Semester Ganjil
2017 / 2018


G. Tugas Perkuliahan
Tugas 1 Rutin: individu
Tugas rutin akan diberikan dalam setiap kompetensi dasar sebanyak 5 soal esay

Tugas 2 (CBR): (Individual) :
·           Judul buku yang dikritik buku” Pendidikan Kewarganegaraan Di SD Kelas 1,2,3 Penerbit Erlangga dan Yudistira
·           Pendidikan Kewarganegaraan Sunarso dkk 2016 UNY Press Yogyakarta
Bentuk Tugas  : Laporan hasil critical books (Hardcopy dan softcopy)
Struktur           : Terdiri atas 4 bagian/bab, yaitu:
                                      Bab I. Pendahuluan  (Latar belakang, Tujuan, Manfaat)
                                      Bab II. Isi Buku (Ringkasan Buku Setiap Bab)
                                      Bab III. Pembahasan (Perbedaan: Keunggulan, Kelemahan)
                                      Bab IV. Penutup (Kesimpulan dan Saran)
Keterangan: Tugas I Dikumpul Mingguke 12

logo quality resmi.tif
SILABUS / RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS  KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY

Semester Ganjil
2017 / 2018

Tugas 3: (individu) Critical Jurnal Report
Bentuk Tugas  : Riviu jurnal atau kajian ilmiah tentang Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas Rendah
            Struktur        : Membuat Defenisi Konseptual dan Definisi Operasional
Manfaat dan tujuan
Materi kajian
Analisis dan riviu
Kesimpulan
Keterangan: Tugas 2 Dikumpul Minggu 14

Tugas 4:(Kelompok maksimum 3 orang) Rekayasa Ide
            Struktur           :  Latar belakang
                          Manfaat dan tujuan
   Kajian Pustaka
                          Analisis dan riviu
                          Kesimpulan
Keterangan: Tugas 3 Dikumpul Mg 16
logo quality resmi.tif
SILABUS / RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS  KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY

Semester Ganjil
2017 / 2018


Tugas 5: (Kelompok maksimum 3 orang) Mini research
Bentuk Tugas: Laporan hasil Penerapan Model dan Metode Pembelajaran pada Pembelajaran PKn di kelas Rendah

Struktur           : A. Pendahuluan
                          B. Hasil Percobaan dan Pembahasan
1. Hasil observasi
2. Pembahasan (dikaitkan dengan teori)
C.     Kesimpulan
D.    Pustaka
            Keterangan: Tugas 4 dikumpul Minggu ke 7 (Sebelum Tes formatif 1)

            Tugas 6 : (Kelompok 2 – 3 orang) Tugas Proyek
Bentuk Tugas    : Penelitian sederhana tentang pengaruh Model Pembelajaran terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa
Struktur           : A. Pendahuluan
                          B. Kajian Pustaka
Mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan percobaan yang dilakukan
                                      C. Metode Percobaan dan hasil percobaan
  D. Penutup (Kesimpulan dan Saran)
            Keterangan: Tugas 5 dikumpul Mg 15 (Sebelum Final Tes)
yang terdiri minimal dari tiga bab ; pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan. Tugas dicetak dan dijilid biasa selanjutnya dikumpulkan sesuai jadwal yang tertera dalam rencana tiap pertemuan.


logo quality resmi.tif
SILABUS / RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS  KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY

Semester Ganjil
2017 / 2018


H.  Penilaian
Nilai akhir dari mata kuliah ini ditentukan oleh empat komponen berikut ini :
1.         UTS dan UAS berbentuk esai maupun pilihan ganda.
2.         Tugas Sebagai Pengganti salah satu formatif dengan nilai terkecil. Dengan penilaian sebagai berikut :
No
AspekYangDinilai
Skor
1
Ketepatanwaktu. Nilai 10 jika dikumpulkan tepat waktu atau sebelum waktu yang ditetapkan.
10
2
Kelengkapanpelaporan. Nilai 30 jika semua komponen yang diminta terdapat dalam laporan.
30
3
Analisayangdigunakan. Bagian ini akan memberikan nilai 50 jika mahasiswa mampu memberikan analisis yang tepat dan komprehensif.
50
4
Tampilan(layoutlaporan). Nilai maksimum sebesar 10 untuk tampilan yang menarik.
10
NilaiMaksimum
100
Nilai A : Jika nilai rata-rata akhir ≥ 90.
Nilai B : Jika nilai rata-rata terdapat dalam rentang 80 ≤ nilai rata rata < 90.
Nilai C : Jika nilai rata-rata terdapat dalam rentang 70 ≤ nilai rata rata < 80.
Nilai E : Jika nilai rata-rata akhir < 70.


I.       Tata Kelola Perkuliahan:
logo quality resmi.tif
SILABUS / RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS  KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY

Semester Ganjil
2017 / 2018

1.  Pembelajaran  ini menggunakan pendekatan penguasaan atas tujuan yang ditentukan, yang dinyatakan dalam bentuk:
a.       Menyelesaikan dengan baik semua tes dan tugas lain yang diberikan secara berkala. Di samping tes pertengahan dan akhir semester akan diberikan tes (kuis)  penguasaan bahan ajaran sebelum atau segera sesudah atau berkaitan langsung dengan pembahasan suatu pokok bahasan, sedikitnya lima kali.
b.      Mengikuti semua kegiatan pembahasan pokok bahasan. Bilamana karena sesuatu hal terpaksa tidak dapat mengikuti (dengan pemberitahuan resmi secara tertulis) tidak dapat mengikuti pembahasan suatu pokok bahasan di kelas, maka mahasiswa harus melakukan pembahasan sendiri secara tertulis, dan diserahkan selambatnya 2 (dua) minggu setelah pembahasan di kelas.
c.       Kerja sama dalam kelompok untuk mempresentasikan dan membahas topik yang telah ditentukan, dalam forum diskusi kelas.
d.      Menganalisis atau mengulas secara tuntas suatu topik dan materi kuliah dari refrensi/buku teks atau sumber lainnya yang ditentukan, secara kelompok atau individu.
e.       Menulis makalah individu secara ilmiah yang berupa ulasan atas suatu aspek teori komunikasi yang dipilih sendiri setelah berkonsultasi dengan dosen.
f.       Setiap makalah/paper/laporan diketik pada kertas A4 dengan kerapatan 1,5 spasi dengan jumlah halaman 8 (delapan) halaman.

      Mengingat bahwa Pembelajaran ini merupakan dasar untuk penguasaan kemampuan di bidang  akuntansi, maka tidak dimungkinkan adanya nilai BL (belum lengkap). Tugas-tugas yang tidak dikerjakan sesuai dengan ketentuan yang disepakati akan memperoleh nilai ”E” atau nol.

logo quality resmi.tif
SILABUS / RENCANA PERKULIAHAN SEMESTERAN
PENDIDIKAN PKN KELAS RENDAH
JURUSAN PGSD
FAKULTAS  KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN - UNIVERSITAS QUALITY

Semester Ganjil
2017 / 2018

2.  Mahasiswa dibagi dalam kelompok dengan anggota 2 – 4 orang (atau disesuaikan dengan jumlah mahasiswa). Masing-masing kelompok memilih topik yang akan dibahas dan disajikannya di dalam kelas, dalam bentuk diskusi panel, seminar atau forum diskusi lain yang memungkinkan semua kelompokatau anggotanya berperan aktif. Dosen aktif mengikuti, mengarahkan diskusi, dan memberikan penjelasan atau ulasan tentang topik yang dibahas.

3.  Bilamana hari Pembelajaran tepat pada hari libur nasional atau karena sesuatu hal Pembelajarantidak dapat diadakan, maka akan diganti pada hari yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMISIONER KPU KARO TERPILIH PERIODE 2018-2023

https://www.hetanews.com/article/141331/ini-nama-nama-komisioner-kpu-kabupaten-karo-terpilih-yang-diumumkan-kpu-ri-tertanggal-24-oktober-201...